Selasa, 12 September 2017




Perkembangan Artificial Intelligence (AI) saat ini memang sangat cepat. Berbagai produk AI bermunculan setiap harinya. Teknologi-teknologi canggih terus menerus dikembangkan. AI kini sudah benar-benar merambah ke berbagai kebutuhan manusia sehari-hari. Walau menurut survey kecil-kecilan yang saya buat, sebagian besar orang awam tidak mengetahui bahwa mereka selalu memakai produk AI. Maka dari itu.. tujuan saya membuat artikel ini adalah untuk sedikit sharing wawasan sebagai sesama pemakai tentang AI (diharapkan kita juga bisa membuat, tidak hanya memakai).



Apa itu AI?

  • Menurut kamus google

Teory dan pengembangan dari sistem komputer yang dapat melakukan tugas yang normalnya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti persepsi visual (informasi yg diterima organ perasa), mengenali suara, pengambil keputusan, dan sebagai penerjemah antar bahasa.


Kecerdasan yang diperlihatkan oleh mesin daripada oleh manusia atau hewan lain. Dalam ilmu komputer, ranah penelitian AI sendiri disebut dengan "Intelligent Agents", setiap perangkat yang merasakan lingkungan dan bergerak untuk memaksimalkan keberhasilan dari suatu target/tujuan. Mudahnya, perangkat disebut AI ketika dia meniru fungsi kognitif yang diasosiasikan manusia dengan pikiran manusia, seperti belajar dan menyelesaikan masalah.



Contoh-contoh AI yang telah banyak digunakan masyarakat di masa kini:

1) Virtual Personal Assistans

Contoh AI dari VPA dalam bentuk aplikasi ada Siri (iOS), Google Now (Android), dan Cortana (Windows Mobile). 



Aplikasi tersebut sama-sama membantu mencarikan informasi ketika kamu bertanya mengunakan suara, Apapun yang kamu bicarakan, akan mereka tanggapi dengan cara mencarikan secepat mungkin Informasi yang kamu butuhkan, Informasi akan ditampilkan lewat smartphone mu.
VPA memproses data yang besar dari berbagai sumber untuk belajar tentang pengguna dan berusaha untuk menjadi lebih efektif dalam membantu user dalam meng-organize & track informasi mereka.

Selain dalam bentuk aplikasi ada juga VPA yang dibuat dalam bentuk hardware. Gatebox, merupakan VPA berbentuk root hologram yang dibuat perusahaan asal Jepang, Vinclu. Robot Hologram tersebut, berbentuk karakter perempuan 3D, dan diberi nama Azumi Hikari. 


Dibanding disebut sebagai asisten, Gatebox lebih tepat disebut Istri virtual.. Kenapa? karena dia dibuat untuk membangunkanmu di pagi hari, menghidupkan/mematikan peralatan elektronik rumah mu, mengirimimu SMS, dan menyambutmu ketika kamu pulang ke rumah. Hebatkan? hahaha

2) Transportation

Contoh AI pada bidang transportasi adalah Google's self-driving car project dan Tesla's "autopilot". Google menerapkan kecerdasan game balapan pada kendaraan, Idenya, dengan ditanamkannya kecerdasan game balapan ini, mobil dapat melaju layaknya didalam game, lalu dapat membuat keputusan berdasarkan apa yang dia lihat didepan, dan itu membantu dalam proses belajarnya. dengan GPS, diatas mobil, pemilik dapat memonitoring juga keadaan jalanan, dan melihat sendiri bagaimana mobil dapat bergerak.

Sedangkan tesla-autopilot, lebih menetapkan jalur, dan membuat simulasi mobilnya sendiri dan memancarkan sensor untuk melihat situasi di jalanan, dan belajar dari sana.



3) Video Games

AI dalam video game, mungkin memang tidak asing, dimulai dari game-game jaman dulu seperti catur, itu sudah memakai AI. Namun AI terus berkembang, AI dalam video game saat ini bukan hanya bekerja sebagai NPC (Non playable character, yang sudah diset sedemikian rupa agar dapat hidup didalam game), tapi benar-benar seperti manusia di dalam game. NPC sekarang diberikan ingatan, sehingga alur cerita game dapat berubah-ubah seiring dengan memory yang kita buat terhadap para NPC. Seperti dalam game Middle Earth: Shadow Mordor's


Lalu pada game-game FPS (First-Person Shooter) seperti Call of Duty, penggunaan AI benar-benar signifikan, sekarang musuh didalam game dapat menganalisa keadaan lingkungan untuk dapat bertahan hidup, seperti menginvestigasi suara, berinteraksi dengan rekan untuk menyusun strategi kemenangan, dan lain sebagainya.


Sumber:
1) Beebom



Nah, sudah mulai terbayang kan, teknologi AI yang sudah ada saat ini?
Sekarang saya  akan berikan pendapat saya mengenai teknologi AI yang mungkin akan ada di masa depan setelah melihat beberapa contoh AI yang disebutkan pada artikel ini..

1) Virtual Personal Assistans

VPA nanti tidak hanya mengandalkan suara atau kebiasan sehari-hari untuk memberikan tanggapan pada user, tapi juga akan berkembang seperti, bisa langsung mendeteksi emosi, selain jadi asisten, bisa juga sebagai moodbooster pengguna, dengan mencari tanggapan apa yang sepertinya dapat menghibur si pengguna, dan terus belajar mengenai karakteristik pengguna. Dari sana kesan manusia AI akan benar-benar terlihat nyata.

2) Transportation

Perkembangan AI dibidang transportasi mungkin nanti mobil selain dapat bergerak autopilot, juga dapat langsung tahu, kemana pengguna akan pergi, yaitu dengan cara membaca Sinyal otak/membaca apa yang sedang dipikirkan si pengguna. Disini si pengguna harus memikirkan alamat yang akan dituju. Lalu si mobil akan mengambil data dari otak pengguna dan datanya di konversikan kedalam teks, dan dimasukan dalam maps, pengguna akan diantarkan  hanya dengan memikirkan lokasi tujuan.

 3) Video Games

Pada video games, yang bertindak sebagai AI pasti lah NPC, NPC nanti akan lebih hebat lagi, selain punya kecerdasan untuk bertahan hidup, NPC akan ditanamkan kecerdasan untuk ber ambisi, Game yang biasanya dibuat dengan tempo tergantung si pemainnya, kini akan berubah menjadi "siapa cepat dia dapat" otomatis games yang harusnya dimainkan sendirian, jadi terasa bermain dengan banyak orang. Teknologi VR/Virtual Reality juga dapat diterapkan untuk menambah suasana ketegangan didalam permainan

Cukup sekian artikel yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat ^^

-Fadhil Farras HN


0 komentar:

Copyright © 2012 CARDUS STORY | Guilty Crown Theme | Designed by Johanes DJ